ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Uji Kompetensi Keahlian Bagi Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan, 17 Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Islam Arroyana Mengikuti Ujian Di Bengkel Otomotif SMKN 1 Kawunganten

Saturday, March 14, 2020
Kawunganten-Cilacap,– SMKN 1 Kawunganten menyelenggarakan Ujian kompetensi keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII, kegiatan rutin akhir semester genap bagi siswa kelas XII diantaranya Ujian Praktik Mapel Normatif Adaptif (NA), Ujian praktik Kejuruan (UPK), Ujian Sekolah (US) serta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Ujian praktik sistem Ac
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan akhir semester genap atau akhir tahun bagi kelas XII, Pada tahun ini kegiatan yang biasanya dilakukan secara berurutan dari ujian praktik NA, UPK, US dan diakhiri dengan UNBK, pada tahun ini dibalik mulai dari UNBK terlebih dahulu baru kemudian dilanjut dengan US dan UPK. Sehingga perlu manajemen waktu yang ekstra untuk mempersiapkan semuanya mengingat semakin dekatnya dengan bulan suci ramadhan.
Ujian Praktik Tune Up EFI
Tak berbeda dengan SMK-SMK lain dilingkungan kabupaten cilacap, seperti halnya SMK islam arroyana juga melakukan kegiatan yang serupa, dalam UPK kali ini SMK tersebut menggandeng bengkel otomotif SMKN 1 Kawunganten sebagai mitra untuk melakukan UPK, karena dinilai Fasilitas bengkel otomotif SMKN 1 Kawunganten lengkap dan paling layak dijadikan mitra dibandingkan dengan bengkel lain disekitarnya.

Pada ujian praktik kejuruan kali ini SMKN 1 Kawunganten menyiapkan paket ujian dengan mata uji diantaranya yaitu:
  1. Tune Up EFI
  2. Sistem AC
  3. Sistem Rem
  4. Sistem Kelistrikan Body (Penerangan, Wiper Washer, Central lock, Audio Video) 
Paket uji kompetensi tersebut diatas juga diujikan pada siswa SMK islam arroyana, dimana kegiatan dimulai pada hari selasa 10 dan rabu 11 Maret 2020 sebagai kegiataan familiarisasi peralatan dan bengkel otomotif SMKN 1 Kawunganten dilanjutkan pelaksanaan kegiatan UPK pada hari kamis 12 dan Sabtu 14 Maret 2020.

"Adapun penguji dalam UPK kali ini diantaranya:Bp.Karyanto, S.Pd.T, (Penguji sistem kelistrikan), Bp. Eko Prasetiawan,  S. Pd.T (Penguji Sistem AC), Bp. Septiana Sulhamid,  S.Pd (Penguji Sistem rem), Bp. Nursamsudin, S.Pd (Penguji Tune Up EFI) dan Bp. Asep Priyanto (Sebagai Toolman)". Demikian Reporter MediaOnlineAutoSaka Melaporkan dari Bengkel otomotif SMKN1 Kawunganten.
Ujian Praktik Sistem Kelistrikan
Menurut Agung salah satu peserta UPK SMK islam arroyana,  perlengkapan yang digunakan UPK dibengkel otomotif SMKN 1 Kawunganten sangat memadai,  diantaranya praktik EFI menggunakan unit mobil avanza keluaran tahun 2012, Praktik Sistem AC menggunakan unit mobil Nissan Livina 2010 dan trainer AC, Sistem kelistrikan body menggunakan unit trainer kelistrikan,  meskipun uji praktik sistem rem masih menggunakan unit mobil kijang grand extra yang menurutnya lumayan jadul" ungkapnya sambil nyengir dan sok polos didepan reporter MediaOnlineAutoSaka pada saat kami mintai pendapat dan pesan kesan selama di SMKN 1 Kawunganten.

Akan tetapi secara keseluruhan sarana dan prasarana di Bengkel Otomotif yang ada di SMKN 1 Kawunganten sangat memadai sesuai dengan unit-unit kendaraan yang banyak beredar di jalanan indonesia saat ini imbuhnya. Agung juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama mengikuti kegiatan UPK ini banyak sikap atau perkataan dari saya dan temen-temen, serta agung mengucapkan bayak terimakasih kepada para penguji SMKN 1 Kawunganten yang telah membimbing dan sekaligus menguji kami selama 4 hari ini. 

Alhamdulillah kegiatan UPK tahap 1 ini berjalan dengan lancar dan aman,  terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang tidak dapat kami sebut satu persatu,  sehingga kegiatan UPK ini berjalan dengan baik,  ungkap kepala kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan,  terimakasih juga disampaikan kepada seluruh jajaran SMK Islam arroyana yang sudah memberi kepercayaan kepada Bengkel otomotif SMKN 1 Kawunganten.

Kepala kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan Otomotif juga menyampaikan untuk ujian praktik kejuruan atau UPK bagi siswa kelas XII otomotif SMKN1 Kawunganten sendiri  sudah dijadwalkan dan akan kita mulai awal bulan april depan setelah selesai ujian sekolah,  rencananya UPK ini berlangsung sampai dengan awal ramadhan tahun ini imbuhnya,  ketika ditanya soal UPK SMKN1 Kawungaten oleh reporter MediaOnlineAutoSaka
Share This :

0 comments